Sudah Hemat Listrik, Tapi Tagihan Tetap Besar. 4 Hal Ini Ternyata Penyebabnya

Tagihan listrik  rasanya kian mahal saja tiap bulannya, apalagi bagi mereka yang sudah tidak mendapat subsidi dari pemerintah. Langkah untuk menekan pengeluaran untuk membayarnya tentu dengan hemat listrik. 

Ternyata, tanpa kamu sadari, ada beberapa perangkat rumah tangga elektronik yang menyedot banyak energi walau dalam keadaan mati. Supaya tagihan tidak bengkak, segera matikan empat perangkat ini. Ayo, cari tahu apa saja lima perangkat tersebut di bawah ini!


1. Pengisi Daya Ponsel 


 

Pengisi daya atau sering kita sebuat sebagai charger seringkali dibiarkan menancap pada soket listrik di rumah setelah baterai ponsel full. Energi listrik yang keluar akibat kebiasaan ini ialah sekitar 1,2 watt per harinya. Kecil memang, tapi bayangkan saja jika hal ini terjadi pada satu bulan penuh.

Di rumahmu mungkin berisikan empat hingga lima orang anggota keluarga. Jika seluruh anggota memiliki empat charger yang terpasang terus-menerus, itu berarti setidaknya kamu membuang-buang energi sekitar 6 watt sehari dan 180 watt selama sebulan. Cukup sayang bukan?

2. Televisi Tuner

Sekarang ini makin banyak orang yang memanfaatkan tuner televisi agar bisa menonton tayangan di ruang kerja atau kamar tidur mereka. Tuner sendiri berfungsi sebagai penangkap siaran televisi agar dapat ditampilkan pada layar monitor komputer atau laptop.

Percuma deh hemat listrik dengan mematikan televisi tapi kamu lupa mematikan tunerini, Urbanites! Sebanyak 22 watt energi listrik akan terus terbuang tiap hari jika kamu tidak memindahkan modenya menjadi standby.

3. Televisi

Kalau perangkat elektronik yang satu ini kayaknya bukan rahasia umum lagi deh bisa menyedot energi cukup banyak. Maka itu, selain mematikan tuner, jangan lupa untuk mencabut kabel televisi yang ada di rumah jika tidak digunakan.

Jika kebiasaan ini sudah diterapkan, itu artinya kamu berhasil mengehmat 24 watt energi listrik setiap hari, lho. Jika kamu punya tiga televisi di rumah, coba hitung deh berapa banyak uang yang bisa kamu hemat setiap bulan.

4. Laptop & Komputer

Satu lagi kebiasaan yang sering dilakukan orang-orang padahal dapat menyedot energi listrik cukup banyak, membiarkan kabel laptop atau komputer tetap tercolok pada soket. Bayangkan, dalam satu hari, energi sebesar 96 watt akan terbuang percuma dan kamu pun harus membayarnya.

Bagi kamu yang kerap lupa mematikan laptop atau komputer dan membiarkannya dalam mode stand-by, kalikan lagi angka di atas dengan 1,5. Supaya tetap hemat listrik dan menekan tagihan bulanan, ayo lebih cermat lagi, Urbanites!

 

Sumber : Blogurbanindo


Komentar